Thursday, November 13, 2014

Budidaya Pepaya Calina IPB9

Salah satu jenis pepaya unggul yang saat ini digemari konsumen adalah pepaya Calina.
yaa, pepaya Calina.
Pepaya california yang diindonesia telah dimuliyakan oleh Prof. Dr. Sriani ini digemari masyarakat karena teksturnya yang kenyal, daging tebal, rasa manis, warna buah menarik, serta ukuran buah yang hanya 0,8 - 2 kg sehingga cocok untuk keluarga kecil diperkotaan.


Cara Menanam Pepaya Calina

Pepaya calina akan tumbuh baik jika ditanam dilahan yang subur dengan tekstur tanah sedikit berpasir. Pepaya baiknya ditanam di lahan yang terbuka dan dilengkapi dengan sistem pengairan yang baik. Kelembaban tanah sebaiknya 6 sampai 7 pH dan suhu antara 25 sampai 30 derajat celcius. Curah hujan sebaiknya antara 1000 sampai 2000 mm per tahunnya.

Bibit
Bibit pepaya calina sebenarnya bisa didapat dari buah   pepaya yang sudah benar-benar masak, ambil biji bagian tengah saja. Tapi, karena pepaya Calina ini diproduksi oleh anak bangsa sendiri, saya menyarankan untuk beli benihnya ditoko pertanian saja. Yaa... itung-itung menghargai produk anak bangsa, sekaligus memastikan benih yang kita tanam benar-benar benih unggul.

Sebelum kita semai, benih terlebih dahulu di rendam kedalam air hangat kuku selama 24 jam untuk memecah masa dormansi benih. setelah itu bungkus benih dengan kertas koran/ kain lembab kemudian simpan benih hingga tumbuh tunas. Tanam benih kedalam polybag kecil selama 2 bulan.

Persiapan Lahan dan Penanaman
Pembuatan lubang tanam sebaiknya dilakukan 15 hari sebelum tanam. ukuran lubang tanam kira-kira 60 x 60 x 50 cm dengan jarak tanam 2,5 x 2,5 m. Penanaman sebaiknya dilakukan sore hari.

Pemeliharaan
Proses penyulaman diupayakan sesegera mungkin agar tanaman dapat tumbuh seragam. untuk itu siapkan stok bibit untuk mengantisipasi segala kemungkinan.
Proses selanjutnya adalah pengairan, Tanaman pepaya merupakan tanaman yang menyukai air. Namun tidak tahan air menggenang karena akan membuat tanaman menjadi busuk.

Pemupukan setelah seminggu ditanam. Gunakan jenis pupuk NPK dengan hitungan 200 gram pupuk per pohonnya.
Saat tanaman memasuki usia 3 bulan, berikan pupuk NPK sebanyak 300 gram per pohonnya.
Memasuki usia 6 bulan, gunakan pupuk NPK sebanyak 500 gram per pohon dan ditambah dengan pupuk kandang sebanyak kurang lebih 40 kilogram per pohonnya.
Memasuki usia 9 bulan, berikan lagi pupuk NPK sebanyak 500 gram per pohonnya.
Di usia 12 bulan berikan pupuk NPK sebanyak 500 gram per pohonnya dan tambahkan 40 kilogram pupuk kandang.
Setelah pohon berbuah, berikan pupuk KCI agar daya tahannya lebih kuat dan buahnya lebih manis.

Panen
Panen pepaya california dapat dilakukan pada umur 8-9 bulan. Petik buah yang sudah matang atau ujung buah sudah semburat kuning. Pemanenan bisa dilakukan setiap 6 - 10 hari sekali.

No comments:

Post a Comment