Friday, November 28, 2014

MARUNDA HIJAU, DARI MARUNDA UNTUK INDONESIA

 
PT East West Seed Indonesia (Ewindo), perusahaan benih ternama telah meluncurkan program Maruda Hijau, sebuah proyek percontohan bagi para Urban Farming. Program ini merupakan hasil kerja sama Ewindo dengan Kelompok Tani Marunda Hijau, PT Pos Indonesia dan Bank Bukopin serta Card Connection International untuk membangun komunitas yang bertujuan memasyarakatkan pertanian di lahan perkotaan (urban farming).
 Maruda Hijau diharapkan dapat menjadi proyek percontohan bagi urban farming daerah lain, mengingat potensi urban farming di Indonesia sangat besar. Ada 10,3 ha lahan pekarangan yang belum dioptimalkan, dan 30% diantaranya adalah lahan perkotaan.

dalam pidatonya pada peluncuran program Marunda Hijau Managing Director Ewindo, Glenn Pardede, mengungkapkan bahwa, tahun 2050 dunia akan mengalami krisis pangan. Indonesia sendiri saat ini masih mengimpor sayuran.  Lahan  sayuran  yang  ada saat ini sekitar 1 juta hektar. Potensi urban farming di Indonesia masih  sangat  besar. Menurut data Kementrian Pertanian dari 10,3 juta hektar lahan pekarangan yang belum dimanfaatkan, lebih dari 30 persen ada di perkotaan. Lahan 3 juta hektar ini bila dioptimalkan untuk bercocok tanam dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, memenuhi ketersediaan sayuran sebagai sumber nutrisi sehat, mengurangi impor sayuran, menghijaukan lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global. “Program pertanian perkotaan ini diharapkan dapat menopang kebutuhan pangan sehat dan meningkatkan perekonomian keluarga,” 

Saat ini EWINDO juga sedang membuat Komunitas Panah Merah, sebuah komunitas yang bertujuan untuk berbagi informasi sekaligus menjalin relasi bisnis budidaya tanaman Hortikultura. Ewindo bekerjasama dengan Galery pos, Bank Bukopin dan Card Connection meluncurkan benih unggul dalam kemasan kecil (personal pouch) sehingga lebih praktis dan ekonomis. ada 20 jenis benih Hortikultura yang dijual dengan harga Rp. 5.900,- per pouch.

Tertarik untuk Gabung?
silahkan Klik DISINI

No comments:

Post a Comment