Monday, November 10, 2014

Semangka Mini

 Teknologi pertanian terus berkembang, tidak terkecuali untuk komoditi semangka. Jika dulu banyak masyarakat enggan memakan semangka karena ribet dengan bijinya. Tapi kini tidak lagi. Masyarakat dengan mudah disuguhi semangka non biji.

Bukan hanya itu. Konsumen juga disuguhi dengan semangka yang dagingnya tidak lagi berwarna merah, tapi kuning. Bahkan ada produsen yang mulai mengembangkan semangka dengan warna daging oranye. Bentuk buah semangka tidak lagi dominan bulat, ada yang agak lonjong. Di beberapa negara sudah ada yang memproduksi semangka kotak. 

Ukuran semangka juga mulai beragam. Meski relatif masih sedikit, kini masyarakat bisa mendapatkan semangka mini. Jika biasanya ukuran semangka relatif besar dengan berat 5-9 kg, semangka mini beratnya hanya sekitar 2 kg. 

Salah satu pelopor semangka mini adalah varietas F1 Hibrida S108 (Hitam Manis). Selain ukurannya yang mini, semangka jenis ini pertumbuhannya kuat dan cepat, adaptasi luas dan mudah dibudidayakan. Berat buahnya sekitar 2-4 kg, rasanya sangat manis dengan kadar gula 12-14oBrix, rasa sangat renyah, kualitas buah superior. Kelebihan lain kulitnya tipis, tapi kuat, tahan penyimpanan dan pengangkutan panjang.

Varietas semangka mini lain­nya adalah F1 Hibrida S112 (Mas Kuning). Berat buahnya 2-5 kg. Namun varietas ini termasuk golongan semangka hibrida berbiji. Kelebihannya, cepat panen, buahnya banyak, tahan penyimpanan dan pengangkutan panjang.

Selera Masyarakat

Semangka memang menjadi salah satu buah yang banyak diminati masyarakat, baik pro­dusen (petani) maupun konsumen. Ada beberapa alasan. Dari sisi produsen, semangka mempunyai nilai ekonomi tinggi karena dapat ditanam di daerah tropis maupun subtropis.
Bagi konsumen, semangka merupakan buah kaya nutrisi, kaya phytochemical lycopen yang dapat mencegah kanker. Khasiat lainnya adalah dapat menurunkan kolesterol dan menetralkan tekan­an darah.

Karena itu menurut Dirjen Hortikultura, Kementerian Perta­nian, Hasanudin Ibrahim, kunci keberhasilan budidaya semangka adalah memilih benih unggul yang diminati pasar. Saat ini ada benih baru yang diproduksi PT. Tunas Agro (Semarang) dengan ukuran kecil, bentuknya lonjong dan biji berkumpul di tengah. 

Sumber:
http://tabloidsinartani.com/read-detail/read/tren-baru-semangka-mini/

No comments:

Post a Comment