Monday, October 13, 2014

Pengembangan Rumah Pangan Lestari Sebagai Solusi Mencukupi Kebutuhan Pangan Keluarga

Kebutuhan akan pangan yang sehat dan berkesinambungan merupakan kebutuhan yang tidak dapat dihindari oleh setiap keluarga. Tak ayal sebagian besar penghasilan keluarga dihabiskan untuk mencukupi kebutuhan pangan dan Gizi keluarga. Kedepan, setiap keluarga diharpakan dapat mengotimalisasi setiap sumberdaya yang dimiliki, dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang ada untuk ditanami komoditas pangan yang dibutuhkan. Sehingga kebutuhan pangan keluarga dapat dicukupi tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.


Konsep Rumah Pangan Lestari merupakan Program inisiatif pemerintah yang bisa diterapkan dengan mudah oleh setiap anggota rumah tangga. Dengan Memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami sayuran/ budidaya ikan, dll. Sehingga ketersediaan pangan keluarga dapat terjamin, keluarga sendiri pun bisa menentukan apakah tingkat kesehatan pangan yang dimasak, apakah pangan tersebut higienis, Organik, atau tidak.

 
Perawatan tanaman untuk model pertanian seperti ini pun bisa disesuaikan dengan tingkat kesibukan dan lahan pekarangan yang dimiliki oleh masing-masing keluarga.
untuk Lahan sempit (Strata 1) cukup dengan bertanam tanaman sayur daun (Sawi, Kangkung, Selada) dengan sistem Vertikultur. pemilihan komoditas ini lebih disebabkan karena umur panen yang tidak terlalu lama (30-40 hari) sehingga pergantian media tanam juga bisa dilakukan setelah sayuran dipanen.
Untuk lahan agak luas (Strata 2), bisa ditanami TOGA, dan sayuran seperti terong, kacang panjang dengan sistem bedengan, dan Vertikultur sebagai pagar.
Pada Lahan Stara 3 biasanya komoditas yang dikembangkan lebih beragam. mulai dari komoditas buah, Obat, bahkan kolam ikan pun bisa dibuat disitu.

No comments:

Post a Comment