Monday, December 22, 2014

UGM LUNCURKAN APLIKASI "PETANI" BERBASIS ANDROID

Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki hamparan lahan pertanian yang luas untuk menyuplai kebutuhan pangan. Namun, penerapan teknologi pertanian sangat lambat sekali diterima petani di Indonesia.
Kita ketahui, Jumlah penyuluh pertanian yang ada di Indonesia mencapai 47.955 orang. Jumlah ini tentu tidak sebanding dengan jumlah desa/kelurahan mencapai 75.224 desa/kelurahan.

Untuk mengatasi kurangnya tenaga penyuluh tersebut, Fakultas Pertanian UGM meluncurkan aplikasi penyuluhan pertanian berbasis Android dan SMS. Aplikasi Gratis yang bernama "Petani" ini dimaksudkan untuk mempermudah komunikasi antara petani dengan pakar pertanian UGM. Aplikasi ini diharapkan bisa menjangkau petani untuk bisa memperoleh informasi terkini terkait solusi permasalahan yang mereka hadapi.

Untuk mendukung Aplikasi ini, UGM melibatkan pakar-pakar yang terdiri dari dosen pertanian UGM dari berbagai disiplin ilmu seperti ilmu tanah, ilmu tanaman, ilmu penyakit dan hama, budidaya tanaman, dan sosial ekonomi pertanian.

Aplikasi ini bisa didapatkan dengan mengunjungi link http://www.8villages.com/petani atau mengirim sms IKUTI RPP (Nomor ponsel yang digunakan), kirim ke 2000.

No comments:

Post a Comment